web analytics

Tips Mudik Lebaran 2018 Menggunakan Mobil Pribadi

Home / Artikel / Tips Mudik Lebaran 2018 Menggunakan Mobil Pribadi
tips mudik

Tips Mudik Lebaran 2018 Menggunakan Mobil Pribadi – Mudik Lebaran 2018 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan agar mudik berjalan lancar. Mobil sepertinya masih akan menjadi salah satu kendaraan favorit bagi pemudik.

Hal ini tak lepas dari libur Lebaran tahun ini yang bersamaan dengan libur akhir tahun ajaran sekolah. Artinya, sebagian keluarga mungkin akan memanfaatkan momen mudik sekaligus untuk berwisata, sehingga mobil pribadi menjadi pilihan mudik.

Sebelum mudik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar perjalanan aman dan lancar tanpa kendala. Auto2000 sebagai diler Toyota terbesar di Indonesia memberikan beberapa tips mudik Lebaran 2018.

1. Sebelum mudik Lebaran

Servis mobil sebelum perjalanan mudik menjadi syarat utama kelancaran perjalanan Anda. Selain itu, bisa melakukan tune up mobil guna memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima, memeriksa kondisi ban, termasuk ban serep. Pastikan pula seluruh perangkat darurat, seperti dongkrak, ada pada tempatnya dan bisa dipakai dengan baik.

2. Dalam perjalanan mudik Lebaran

Berkendaralah dengan memegang prinsip safety driving. Jangan berperilaku agresif karena akan merugikan banyak pihak ketika terjadi kecelakaan. Saat ini banyak dibuka jalan tol baru. Selain itu, banyak jalan arteri baru yang telah difungsikan. Ini membuat Anda punya banyak pilihan rute perjalanan.

Aplikasi peta navigasi digital dapat dipakai untuk mencari rute perjalanan yang paling tepat. Aplikasi ini juga bisa dipakai saat Anda terjebak macet parah dan ingin mencari rute alternatif. Pastikan Anda membawa kartu e-toll dengan saldo memadai. Bawa 2 kartu e-toll sebagai antisipasi saat salah satu kartu bermasalah, hilang, atau saldonya habis.

Pastikan pula tangki BBM selalu dalam kondisi full, apalagi kalau Anda memilih rute tol yang panjang. Meskipun menggunakan mobil irit BBM, tetap jaga volume tangki BBM mobil Anda. Simpan pula nomor telepon darurat untuk membantu Anda saat terkena musibah di jalan.

3. Usai mudik Lebaran

Selesai perjalanan mudik dan liburan bukan berarti Anda bisa meninggalkan mobil kesayangan di garasi rumah begitu saja. Kotoran menjadi musuh utama yang harus segera dibersihkan termasuk bagian kolong yang kerap terlupakan.

Cobalah periksa perangkat teknis mobil seperti kaki-kaki, roda, lampu, dan area ruang mesin. Cek juga jika terdapat bodi mobil yang penyok. Segera perbaiki dan rapikan jika ada masalah.

Dikutip dari Antara, PT Jasa Marga (Persero) memprediksi kepadatan arus kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama Tol Jakarta-Cikampek pada puncak mudik Lebaran 2018 nanti bisa mencapai lebih dari 116.000 kendaraan.

Sedangkan puncak arus balik di GT Cikarang Utama diprediksi terjadi pada tanggal 19 Juni 2018 (H+3) akan mengalami penurunan sebesar 3,9 persen atau 109.632 kendaraan dibanding 2017. Hal itu karena lalu lintas terdistribusi sampai dengan H+8 yang merupakan hari terakhir libur anak sekolah.

Sumber : Tirto.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.