web analytics
Loading...
Home / Remukan Rengginang / Radikalis diantara kaum moderat, Moderat diantara kaum radikal

Radikalis diantara kaum moderat, Moderat diantara kaum radikal

Memilih “bersuara sumbang” diantara latah sosial itu susah. Demokrasi Indonesia memang sedang diuji, melalui bahaya laten ideologi penolaknya, maupun oleh kaum yang memperjuangkan demokrasi itu sendiri.

Menjadi beda itu susah. Banyak yang mengaku moderat tapi menerima perbedaan saja susah, apalgi menerima paham yang bertolak belakang yang dianutnya.

Menjadi moderat yang radikal itu susah, dimana berusaha memperjuangkan memoderasi perbedaan berbagai sudut pndang dengan rangkulan dan ajakan yang lembut.

Tidak semua mampu menerima cara berpikir para moderat radikal. Bahkan sekelas Gus Dur, pun banyak yang menentang ketika menjadi moderar yang radikal.

Contohnya ketika membela penyanyi dangdut dan penyanyi rock yang diserang beberapa kalangan karena dinilai menyalahi norma Agama. Langkah beliyau mengayomi mereka dinilai oleh sebagian orang itu tidak masuk akal dilakukan ulama.

Iyaa, itu contoh moderat yang radikal. Jangankan pada yang benar, pada yang berbeda pun tetap merangkul dan mengajak dengan mengayomi secara ma’ruf.

Itu tidak mudah, apalagi bagi kelas TSL.. bukan maqomnya, tapi bisa untuk dicoba.

Dah gitu aja.

Loading...

Check Also

TSL dan TSM dari sudut Visual

Tukang Sapu Langgar (TSL) menjadi “tetenger” perubahan peradaban. Kenapa aku bilang begitu? Suka-suka aku lah.. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *