web analytics

Pentingnya Merujuk Kepada yang Mempunyai Rujukan (Part 1)

Home / Remukan Rengginang / Pentingnya Merujuk Kepada yang Mempunyai Rujukan (Part 1)
rujukan

Kurangnya Kepedulian terhadap Sanad Keilmuan
PART I

Kecepatan laju informasi Zaman Now ini sangat luar biasa. Dari yang bener, salah, asal comot, cocoklogi dan lain-lain. Nah, Informasi itu apa? Menurut Raymond Mc.leod, Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan. Maap nih sok teoritis, kadang sok bodoh dan diam capek juga.

Dan balik lagi ke arus informasi. Saking cepatnya, konon laju berita hoax itu lebih cepat dari kecepatan cahaya. Buset, susah tuh ngitungnya, tanya ahli fisika dah kalo mau ngitung kecepatan realnya. Bagaimana tidak, kawan-kawan jurnalis yang profesional sekalipun sekarang punya pedang dengan dua mata yag tajam. Yaitu, Media Sosial.

Disatu sisi media sosial bisa dijadikan sumber, update buat bahan mereka dan sarana publikasi medianya. Tapi disisi lain, medsos bisa menjadi bencana karena setiap orang punya “media” untuk memberitakan apapun.

Yang jadi masalah adalah, ketika orang yang tidak mempunyai kemampuan jurnalistik yang memadai berusaha menjadi jurnalis dengan menyajikan informasi yang jauh dari kaidah jurnalistik.

Termasuk juga media online yang sama sekali tidak mempunya kompetensi menjadi media yang sekarang subur berkembang di Dunia Maya. Yang banyak diantaranya berisi HOAX, bisa Opini, Penggiringan Isu, Pembunuhan Karakter, Cocoklogi, dll.

Tapi ada ungkapan, “Jangan Percaya Industri Media” dan saya bilang JANGAN! karena nanti Musryik, hahaha. Justru bisa dibalikkan, jika media yang besar dengan kompetensi para punggawanya saja tidak bisa sepenuhnya dipercaya, bagaimana mungkin berita dari sumber yang tidak jelas wujud dan kompetensinya bisa dipercaya??

Dan ada yang lebih bahaya dari “Emak-emak naik metik yang sein kanan belok ke kiri”… Mau tau? tunggu Part II nya.

Ary Sandy
Remukan Rengginang

Leave a Reply

Your email address will not be published.