web analytics
Loading...
Home / Remukan Rengginang / Menyoal gerakan-gerakaan pergerakan yang tidak keluar di soal ujian

Menyoal gerakan-gerakaan pergerakan yang tidak keluar di soal ujian

Pelbagai gerakan muncul sebagai salah satu bukti negara ini masih demokratis. Dari lembaga tingkat multinasional sampai pergerakan tingkat individu yang ramai berseliweran di sekitar kita, baik nyata maupun “ghoib” (maya, red). Para penggerak yang peduli akan fenomena yang terjadi disekitar mereka bermunculan secara “terstruktur, sistematis dan masif”. Mulai dari isu besar seperti Climate Change, Indigenous People, Radikalisme, sampe isu receh seperti gerakan viralisasi “salah redaksi”

Bagus itu, semakin meramaikan jagat soundscape dunia nyata dengan obrolan-obrolan analog yang dilakukan di cafe-cafe, resto, RTH, maupun warteg. Pun juga meramaikan jagat “Ghoib” secara tekstual dan multi-media.

Masalahnya, banyak diantara gerakan pergerakan yang nampaknya bergerak jauh itu malah melewati lingkungan sekitar mereka sendiri. Beberapa contohnya antara lain,

Penggerak anti-radikalisme yang enggan “real action” di wilayah sendiri. Langgar, mushola, masjid disekitar rumah mereka sering luput dari orasi-orasi verbal maupun digital mereka. Walhasil, banyak yang berang dan protes ketika rupanya mesjid sekitar rumah mereka jd sarang radikalisme.

Dalam hal lain adalah gerakan literasi yang menyoal rendahnya minat baca orang indonesia, yang membuat jarak sendiri bagi para calon target mereka dengan menjadikan gerakannya sebagai Distributor atau Penerbit Buku. Dikasih gratis saja belum tentu mau baca, apalagi disurub beli, bagi anak sekarang mgkn mending beli diamond Mobile Legend.

Ini juga terjadi di isu-isu lain, sering kali melewatkan lingkungan yang harusnya dilalui mereka.

Dah gitu aja, ini gak keluar diujian.

Loading...

Check Also

TSL dan TSM dari sudut Visual

Tukang Sapu Langgar (TSL) menjadi “tetenger” perubahan peradaban. Kenapa aku bilang begitu? Suka-suka aku lah.. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *