web analytics
Loading...
Home / Remukan Rengginang / OJS 3 (Open Journal System), Berikut Fitur Andalannya Untuk Jurnal Online
halaman admin ojs
Halaman admin OJS user friendly.

OJS 3 (Open Journal System), Berikut Fitur Andalannya Untuk Jurnal Online

Apasih OJS 3 itu? Open Journal System (OJS) adalah Aplikasi Web untuk mewadahi penyerahan tulisan ilmiah atau makalah, proses peer-review dan penerbitan Jurnal Ilmiah secara elektronik dengan mengedepankan akses terbuka (Open Access). (Sumber : Public Knowledge Project (PKP))

Lagi heboh kampus-kampus pake Open Journal System (OJS). Kenapa pada heboh dan mengaplikasikannya di kampus masing-masing? ini landasannya, 1. Peraturan Kepala LIPI Nomor 3 Tahun 2014 dan Peraturan Dirjen DIKTI No.1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah
Akreditasi terbitan berkala secara elektronik (online) untuk menjamin akuntabilitas, reputasi dan kualitas terbitan berkala ilmiah. Proses akreditasi akan dilaksanakan secara periodik (2 kali setahun) terhadap terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi, lembaga ilmiah, dan himpunan profesi di Indonesia. (Sumber http://arjuna.dikti.ac.id)

 

User (Peran) dalam OJS:

Dalam sistem jurnal terbuka ini ada beberapa pembagian peran (user), berikut ini peran-peran yang terdapat dalam OJS.

Site Administrator : Site Administrator bertanggungjawab terhadap seluruh instalasi E-Journal, memastikan setting server bekerja dengan baik, dan melakukan instalasi jurnal baru ke E-Journal. Akun site administrator dibuat pada saat proses instalasi E-Journal pertama kali.

Journal Manager : Journal Manager bertanggungjawab untuk menyiapkan situs web jurnal, mengkonfigurasi opsi-opsi sistem, dan mengelola akun user. Journal Manager juga melakukan pendaftaran untuk editor, section editor, copyeditor, Layout editor, proofreader, author, dan reviewer. Journal Manager juga memiliki akses untuk mengelola fitur-fitur jurnal, dan dapat membuat katagori baru untuk jurnal, menyetting form review, mengubah email, mengelola Reading Tools, melihat statistik dan laporan, dll.

Pembaca (Reader) : Pembaca dalam E-Journal adalah seorang yang dapat mengakses jurnal, baik jurnal berlangganan maupun jurnal yang dapat diakses secara terbuka (open access journal). Pembaca yang terdaftar akan menerima pemberitahuan publikasi setiap edisi termasuk daftar isi jurnal.

Penulis (Author) : user sebagai penulis dapat mengirimkan naskah ke jurnal secara online ke situs jurnal yang ada di E-Journal. Penulis cukup mengungggah file naskah dan menyediakan metadata atau informasi yang digunakan untuk pengindeksan. Metadata berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pencarian artikel jurnal secara online oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! Baidu dan sebagainya. Seorang penulis juga dapat melacak naskah yang diajukan melalui proses review dan editorial, maupun berpartisipasi dalam copyediting dan proofreading dari naskah-naskah yang telah diterima untuk publikasi, dengan terlebih dahulu log in ke situs jurnal.

user workflow OJS
Pembagian User (peran) dalam workflow OJS.

Editor ,Editor bertugas mengawasi seluruh proses review, editing, dan penerbitan jurnal. Editor bekerja dengan Journal Manager dalam menetapkan kebijakan dan prosedur penerbitan jurnal. Dalam proses editorial, editor memberikan tugas ke section editor untuk memeriksa (review) dan mengedit naskah artikel jurnal yang masuk. Editor terus mengawasi perkembangan proses review dan editorial termasuk copyediting, layout editing, proofreading, serta membantu section editor jika menjumpai kesulitan. Editor juga bertugas membantu edisi jurnal, menjadwalkan publikasi jurnal, menyusun daftar isi jurnal, dan menerbitkan jurnal sebagai bagian dari proses publikasi.

Section Editor : Bertugas mengatur dan bertanggungjawab terhadap artikel yang sudah diedit oleh editor dan disunting oleh mitra bestari.

Reviewer : Reviewer adalah penyunting dari dalam dan mitra bestari yang ditunjuk oleh section editor untuk menyunting naskah jurnal. Reviewer bertanggungjawab terhadap naskah yang telah disuntingnya untuk dikirimkan kembali ke editor dan penulis.

Subscription Manager : Subscription Manager mengelola jurnal langganan dan jenis langganan, dan dapat juga mengkonfigurasi sistem pembayaran untuk proses berlangganan jurnal.

Copyeditor : Bertugas mengatur tata bahasa dan menyunting kalimat sehingga dimengerti oleh para pembaca, memeriksa kemungkinan adanya kesalahan, dan memastikan bahwa artikel sudah sesuai dengan gaya selingkung jurnal yang bersangkutan. Copyeditor juga berperan menerima artikel dari section meditor melalui email untuk disalin dan diedit

Layout Editor : Mengubah artikel yang sudah disalin dan diedit ke dalam format HTML, PDF, dan/atau PS untuk penerbitan elektronik.

Proofreader :Membaca dan mengoreksi artikel yang sudah dilay out dalam berbagai format yang siap utnuk dipublikasikan.

 

Alur OJS (Data Flow):

workflow OJS
Workflow atau alur dalam OJS

 

Fitur OJS 3:

■Halaman Admin: eye-catching, user-friendly

halaman admin ojs 3
Halaman admin OJS 3 user friendly.

Editorial Discussions: Fitur ini digunakan untuk Editor, Section Editor, Copy Editor, Layout Editor, Proofreader, dan pihak yang terlibat dalam suatu naskah untuk membahas proses dan tindakan yang akan diambil terhadap naskah tersebut.

Editorial Discussions ojs 3
Fitur Editorial Discussions OJS 3.

Flexible Workflow: Alur kerja pada OJS 3 menjadi sangat fleksibel dibandingkan dengan versi 2 dimana proses submission sampai dengan publish harus terurut. Sedangkan pada OJS 3, proses submission dapat segera dilanjutkan ke proses production dengan klik tombol “ Send to Production”

workflow ojs 3
Flexible Workflow: Alur kerja pada OJS 3 menjadi sangat fleksibel

Flexible Roles: Menambahkan role pada user yang sudah ada atau user baru dengan mudah.

Loading…

Roles User OJS 3
Flexible Roles: Menambahkan role pada user yang sudah ada.

Flexible Task Access: Jika pada versi sebelumnya (Versi 2) untuk change role harus masuk ke menu “User Home” lalu kemudian memilih role yang diinginkan kemudian kembali lagi ke menu “User Home”, maka pada versi 3 dapat langsung akses sebagai Editor, Section Editor, ataupun Layout Editor (Disesuaikan dengan permission role-nya)

Submission Files: Proses upload lebih fleksibel lagi, ketika upload file utama (manuscript) dapat ditambahkan juga file tambahan (supplementary files) tanpa harus masuk ke tahap submission berikutnya

Customizable Interface: Tampilan CSS yang mudah dicustom, karena pada versi 3 Tampilan administrative dan Tampilan reader CSS-nya dibedakan, sehingga memudahkan untuk coding pada tampilan yang difokuskan

Enhanced Theming: Memilih dengan cepat kombinasi huruf alternatif dan warna header yang diinginkan. OJS 3 juga mendukung upload bootstrap themes yang memungkinkan membuat themes yang unik

themes ojs 3
Themes OJS 3

 

tema ojs 3
Tema OJS 3

Simple Registration: Proses pendaftaran lebih serderhana dari OJS 2 ini terlihat dari form registrasi yang lebih simpel.

Registrasi OJS 3
Registrasi OJS 3

Demikian sedikit ulasan tentang Open Journal System (OJS) versi 3 dengan beberapa fitur andalan yang diperbarui dari versi 2. Tunggu tulisan dan tips tentang OJS 3 berikutnya. Salam.

Ary Sandy

Loading...

Check Also

Politik meja makan VS politik ranjang

Kabar berkabar tentang politik yang bergelayutan di utas-utas media cetak dan digital. Mau tidak mau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *