web analytics
Loading...
(foto: AS)

Beda

Sebuah pohon yang besar ketika sudah tidak didukung ekosistem disekitarnya dia pun akan rusak dan mati. Seperti Pohon Sialang, sebagai mahluk hidup dia membutuhkan entitas lain di sekitar ekologinya. Umumnya, mereka membutuhkan Rimba Kepungan Sialang untuk menjamin rantai ekosistem masih berjalan yang mampu mendukung sustainability-nya.

Pohon sialang akan berbeda dengan flora disekitarnya, karena memiliki fungsi dan fisik yang sangat mencolok. Dia dan rimbanya akan saling bertautan, bersebati, berkomunikasi dalam rantai rangkaian ekosistem yang ada.

Tapi bagi manusia, menjadi beda, baik yang sengaja ataupun gak disengaja, itu butuh perjuangan. Di saat kerumunan orang memperhatikan atau membahas sesuatu, bagi beberapa orang itu menjadi hal yang memuakan untuk turut dalam arus tersebut.

Anti-mainstreamisme, paham ini dianut sekumpulan orang yang menepi dari hiruk-pikuk “Pop-culture”. Menghindari terpapar budaya populer. Bagi penganut paham ini, menahan kakinya berpijak pada tempatnya lebih penting dari pada ikut membaur terombang-ambing badai soundscape yang sedang trend.

Ini membuat anti-mainstreamis umumnya mempunyai karakter kuat karena tidak mudah lepas dari pijakannya. Banyak diantaranya malah menjadi trendsetter. Perlawanan mereka terhadap populer issue malah menjadikan diferensiasi di lingkungannya.

Bukan asosial, tp cara bersosial mereka berbeda. Sosial tidak melulu sosialita trend dunia ghoib dan nyata. Pada tataran budaya pop, antimainstreamis membatasi konsumsinya, bahkan sampai pada resistensi tingkat tinggi kepada pop culture tersebut. Namun itu tidak menghalangi fungsi sosial mereka sebagai manusia.

Pohon di foto tersebut hanya ilustrasi, bukan pohon sialang. Itu di Kotolamo, Kamkihu.

Dah gitu aja

Loading...

Check Also

Radikalis diantara kaum moderat, Moderat diantara kaum radikal

Memilih “bersuara sumbang” diantara latah sosial itu susah. Demokrasi Indonesia memang sedang diuji, melalui bahaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *