web analytics
Loading...
Home / Remukan Rengginang / Aplikasi GIS Mac Free
Aplikasi GIS Mac Free
Aplikasi GIS Mac Free

Aplikasi GIS Mac Free

Aplikasi GIS Mac FreeSalah satu masalah yang dihadapi oleh orang yang hijrah dari Windows ke Macintosh adalah bingungnya mencari program yang kadang tidak tersedia di Mac. Atau, meskipun ada di Mac akan susah mencari patch atau crack nya. Apalagi untuk pengguna Mac dengan kantong tipis kayak saya.

Nah, hal itu dialami oleh para kartografer,  tukang peta, tukang digitasi vector, atau tukan ngetik kordinat, hahaha. Pada umumnya para “Tukang Peta” menggunakan aplikasi GIS (geographical information system)  yang sudah sering dipakai yaitu ArcGIS. Dalam bahasa Indonesia sering disebut Sistem Informasi Geografis (SIG) yang biasanya menjadi matakuliah anak jurusan IT, Geografi, Planologi, Kehutanan, dll.

Loading…

ArcGIS kalau dibeli secara resmi akan sangat menguras kantong. Apalagi untuk penggunaan pribadi, belum lagi dengan ekstensi-ekstensi nya. Bakal pusing deh kalo buat penggunaan pribadi harus nurutin itu, kecuali dibeli kantor, perusaan, atau memang kita developer pembuatan peta. Nah, ada pilihan aplikasi GIS lain yang bisa jadi sandaran bagi para pencari aplikasi pengolah peta.

QGIS – Quantum GIS. QGIS adalah aplikasi sistem informasi geografis desktop sumber terbuka dan bebas lintas platform yang menyediakan tampilan, penyuntingan, dan analisis data. Dan yang pasti ini FREE alias GRATIS!!! Cocoklah bagi para pengguna Mac yang masih mengharap program gratisan kayak saya.

Tampilan sederhana, aplikasi ringan dan bisa diandalkan untuk pengolahan peta. Walaupun fiturnya tidak selengkap ArcGIS, tapi ini salahsatu opsi solutif bagi pengolah GIS. Timbang nyari program crack atau patch, aplikasi ini bisa di download langsung dari web resminya. Silahkan dinikmati Aplikasi GIS Mac Free.

Download:

Quantum GIS

 

Ary Sandy

Remukan Rengginang

Loading...

Check Also

Politik meja makan VS politik ranjang

Kabar berkabar tentang politik yang bergelayutan di utas-utas media cetak dan digital. Mau tidak mau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *